< Back to All Press Releases

Perubahan Kebijakan Pada Badan Legislatif Kredit Brasil Menekan Penggundulan Hutan Amazon Hingga 15%

January 29, 2013

Resolusi 3545 mencegah penggundulan hutan seluas lebih dari 2700 km2 antara tahun 2008 dan 2011

RIO DE JANEIRO — Program kredit pedesaan di Bioma Amazon Brasil membantu mengurangi penggundulan hutan sebagaimana yang disebutkan dalam suatu kajian yang dilakukan oleh Climate Policy Initiative (CPI), Apakah Kredit Mempengaruhi Deforestasi? Bukti dari Kebijakan Kredit Pedesaan di Amazon Brasil.

Pada tahun 2008, Brasil mencetuskan Resolusi 3.545. Peraturan tersebut terkait kredit, yang merupakan sumber pendanaan yang penting bagi masyarakat pedalaman atau pedesaan Hal ini membuktikan salah satu bentuk kepedulian pemerintah terhadap persoalan lingkungan. Kajian dari CPI memperkirakan sekitar 2.9 miliar BRL (USD 1.4 miliar) kredit bagi masyarakat pedalaman tak memiliki kontrak dari tahun 2008 hingga 2011 akibat pembatasan oleh Resolusi 3.545. Pengurangan jumlah kredit ini mencegah penggundulan hutan seluas lebih dari 2.700 km2, yang berarti penurunan deforestasi sebanyak 15% selama periode tersebut.

Hasil analisa CPI juga mengindikasikan bahwa dampak resolusi tersebut terhadap deforestasi hanya signifikan di kota-kota madya di mana peternakan menjadi aktivitas ekonomi utama, bukan pertanian. Hal ini menunjukkan bahwa para peternak mengalami kendala kredit dan akan selalu menantikan ketersediaan kredit bersubsidi lagi. Di sisi lain, hasil analisis mengungkapkan bahwa para petani menggunakan dana subsidi tersebut untuk mengintensifkan hasil panen mereka, tanpa memperluas wilayah tanam mereka. Selain itu, CPI juga mengungkapkan bahwa para penghasil yang memproduksi dalam jumlah besar lebih merasakan efeknya dibandingkan para penghasil yang memproduksi dalam jumlah kecil dengan minim kebutuhan dan lebih banyak pengecualian.

“Sudah jelas dari analisis kita bahwa kebijakan kredit untuk masyarakat pedalaman membantu mengurangi penggundulan hutan.” kata Juliano Assuncao, direktur CPI Rio dan dosen Jurusan Ekonomi di Pontificial Catholic University of Rio de Janeiro. (PUC-Rio). “Dan bagaimanapun, rancangan dan detail implementasi di lapangan sangat berarti.”

Tingkat penggundulan hutan di Amazon Brazil turun secara tajam di paruh kedua dekade tahun 2000an, dari puncaknya angka 27.000 km2 di tahun 2004 jatuh ke angka 5000 km2 di tahun 2011. Dalam suatu kajian awal, CPI Rio juga menyatakan bahwa kebijakan konservasi yang dicanangkan oleh pemerintah sangat membantu mengurangi sekitar setengah dari total jumlah keseluruhan penggundulan hutan yang kemungkinan akan terjadi tanpa adanya kebijakan semacam itu. Akhir tahun ini, CPI Rio berencana menganalisa efek dari dua kebijakan lainnya, yaitu penguatan di dalam pelaksanaan dan pengawasan operasi, serta pertumbuhan di lahan yang dilindungi.

Untuk informasi lebih lanjut, dan untuk mengunduh laporan, kunjungi www.ClimatePolicyInitiative.org

Climate Policy Initiative (CPI) adalah organisasi global yang bergerak di bidang analisis dan penasehat keefektifan kebijakan. Misi organisasi ini adalah untuk menilai, mendiagnosa, dan mendukung upaya negara-negara di dunia dalam meraih pertumbuhan dengan karbon rendah. Organisasi independen dan nirlaba memperoleh dukungan jangka-panjang dari George Soros. Kantor pusat CPI berada di San Fransisco, sedangkan kantor cabang regional berada di Berlin, Beijing, Hyderabad, Rio de Janeiro, dan Venesia. Di Rio de Janeiro, CPI bermitra dengan PUC-Rio, salah satu universitas terkemuka di Brazil.

Kontak: Ruby Barcklay, San Francisco, +1-510-612 5180, ruby@cpisf.org